About



Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Glasgow adalah organisasi pelajar Indonesia yang paling terintegrasi dan paling besar di area Greater Glasgow. Asosiasi pelajar Indonesia juga dapat ditemukan di beberapa kampus, misalnya Indonesian Society (Indosoc) di University of Glasgow, Indosoc University of Strathclyde, dan Indosoc University of Dundee. Sejauh ini, Indosoc Strathclyde tercatat menjadi organisasi pelajar Indonesia yang paling aktif. Setiap bulan, Indosoc Strathclyde mengadakan diskusi dengan beragam tema yang berhubungan dengan dunia akademik.

Sebelum periode 2015/2016, organisasi ini bernama “PPI Glasgow”. Pada forum musyawarah besar Oktober 2015 diputuskan untuk menambahkan frase “Greater” sehingga menjadi “PPI Greater Glasgow”.

Wilayah St. Andrews, Dundee dan Stirling secara geografis dekat dengan Glasgow sehingga sering disebut sebagai bagian dari area “Greater Glasgow”. Latar belakang perubahan nama ini juga karena secara faktual PPI Glasgow juga menaungi pelajar Indonesia yang ada di ketiga daerah tersebut. PPI Greater Glasgow juga mengakomodasi kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan diaspora Indonesia di wilayah ini.

Tiap tahun minat pelajar Indonesia untuk menimba ilmu Institusi pendidikan tinggi di Greater Glasgow semakin tinggi. Karena itu, PPI Greater Glasgow berupaya pula meningkatkan inovasi dan kreativitas melalui berbagai kegiatan akademik, sosial dan kebudayaan.

PPI Greater Glasgow juga berupaya mendistribusikan informasi serta panduan bagi calon pelajar Indonesia yang akan menimba ilmu di Greater Glasgow. Upaya ‘penyambutan’ ini adalah tradisi dari tahun ke tahun di organisasi ini. Harapannya, jarak 7000 mil dari tanah air tidak menipiskan rasa ke-Indonesia-an yang ada di tiap insan akademik di Greater Glasgow.

Organisasi lain yang juga aktif adalah Keluarga Islam Britania Raya (KIBAR) Glasgow. Tiap bulan KIBAR mengadakan pengajian. Selain pengajian ‘besar’, KIBAR juga mengadakan pengajian rutin (Islamic Study Circle) khusus ikhwan dan akhwat serta pengajian anak-anak.

Pengurus PPI Greater Glasgow 2017/2018
Ketua: Ibrian Khalismi Husen
Wakil Ketua: Darwin Jahja
Sekretaris: Amanda Maharani
Bendahara: Hikmah Ayu Ramadhani

Departemen Internal
Divisi Pendidikan: Imam Reza Fahlevi
Divisi Entertainment: Karinanur

Departemen Eksternal
Divisi Public Relations: Fauzy Pratama
Divisi Event Organizer: Alvin Wahracha


Penanggung Jawab Program Eksternal:
-Deryll Reminton (Indonesia Cultural Day)

Departemen Publikasi & Dokumentasi
- Mukti Ratna Dewi
- Reyhan Prasidya Kusumawardhana

Perwakilan Kampus:
Indosoc UoG: Tommy Handoko
Indosoc Strathclyde: Beatrice Jahja
Dundee: Nita Arsita Dewi
St. Andrews: Karinna Thea
Stirling: Imanuddin Zaky