Rekomendasi Private Student Accommodation

Salah satu hal krusial yang harus dipersiapkan sebelum berangkat menempuh pendidikan di luar negeri adalah menentukan tempat tinggal. Private student accommodation menjadi salah satu pilihannya. Walaupun harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan private flat, kualitas dan fasilitas yang ditawarkan telah terjamin dan lengkap (incl listrik, air, dan wifi). Berikut rekomendasi private student accommodation berdasarkan letak wilayahnya. Untuk artikel terkait akomodasi secara umum bisa diakses disini.

Wilayah West End
1.   Hyndland House
Letak Hyndland House ini dapat dikatakan cukup strategis dengan jarak tempuh ke main building ± 10 menit berjalan kaki. Akomodasi yang terletak di daerah Partick ini memiliki akses ke tempat perbelanjaan dan transportasi lumayan mudah, dengan jarak tempuh berjalan kaki sbb.
-    Tesco Express         : < 2 menit
-    Morrisons                : ± 5 menit
-    Lidl                         : ± 5 menit
-    Poundland               : ± 6 menit     
-    Home Bargain        : ± 11 menit
-    M&S Simply Food (Partick)     : ± 11 menit   
-    Kelvinhall Subway Station       : ± 3 menit
-    Bus Stop                 : ± 2 menit





Sumber: Derwentstudents.com

Fasilitas yang ditawarkan juga terbilang lengkap, terdiri dari kamar en-suite dan studio. Setiap kamar sudah tersedia tempat tidur, meja belajar, kursi, heater, dan kamar mandi dalam. Untuk tipe en-suite, dapur akan share dengan 9 orang lainnya. Namun jangan kuatir, ukuran dapur lumayan besar dan telah disediakan kompor, oven, kulkas, dan juga rak-rak untuk menyimpan bahan makanan. Hal yang perlu disiapkan pribadi adalah sprei, bantal guling, dan peralatan memasak karena hal tsb tidak disediakan oleh pihak akomodasi.

Hyndland House juga menyediakan common room yang dengan TV, meja billiard, dan pingpong. Common room ini adalah fasilitas umum dan bisa di-book untuk keperluan rapat, belajar atau latihan bersama. Terdapat vending machine yang berisi snack dan minuman ringan. Fasilitas laundry telah tersedia menggunakan kartu Circuit Laundry yang akan dikenakan biaya setiap kali mencuci.

Untuk rincian harga dan info lebih lanjut dapat dilihat pada website berikut http://www.derwentstudents.com/our-locations/glasgow/hyndland-house.aspx


2.   West Village
Letak West Village ini berdekatan dengan Hyndland House sehingga akses ke tempat-tempat perbelanjaan pun mudah dengan jarak tempuh berjalan kaki yang lumayan mirip dengan Hyndland House, dengan rincian sbb.
-    UOG Main Building : ± 10 menit
-    Tesco Express         : ± 4 menit
-    Morrisons                : ± 6 menit
-    Lidl                         : ± 6 menit
-    Poundland               : ± 9 menit
-    M&S Simply Food (Partick) : ± 13 menit       
-    Home Bargain        : ± 13 menit
-    Kelvinhall Subway Station : ± 3 menit
-    Bus Stop                 : ± 2 menit






Sumber : Downingstudents.com 

Terdapat dua tipe kamar dengan fasilitas yang hampir sama dengan Hyndland House yakni en-suite dan studio. Yang membedakan adalah, untuk tipe en-suite, dapur share dengan 5 sd 6 orang lainnya. Setiap kamar sudah tersedia tempat tidur, meja belajar, kursi, heater, dan kamar mandi dalam. Sprei dan peralatan masak perlu dipersiapkan. Selain common room, terdapat pula gym gratis dan satu discussion room yang dapat dibook bila diperlukan. Terdapat pula vending machine yang berisi snack dan minuman ringan. Fasilitas laundry juga telah tersedia.

Untuk rincian harga dan info lebih lanjut dapat dilihat pada website berikut http://www.downingstudents.com/locations/glasgow/west-village/

3.   
      Vita Student
Vita Student merupakan student accommodation yang baru dibangun dan telah resmi dibuka tahun 2017. Berada di daerah Partick dan tepat di atas Lidl, membuat Vita Student menjadi salah satu pilihan tempat tinggal yang pas. Berikut rincian jarak tempuh berjalan kaki ke beberapa tempat.
-    UOG Main Building        : ± 16 menit
-    Lidl                         : < 2 menit
-    Morrisons                : ± 3 menit
-    Tesco Express         : ± 6 meant
-    Poundland               : ± 7 menit
-    M&S Simply Food (Partick) : ± 12 menit  
-    Home Bargain        : ± 12 menit
-    Partick Subway Station    : ± 3 menit
-    Bus Stop                 : ± 3 menit


Sumber : Vitastudent.com

Kamar yang ditwarkan berupa en-suite (sharing kitchen) dan studio. Setiap kamar sudah tersedia tempat tidur, meja belajar, kursi, heater, dan kamar mandi dalam. Fasilitas yang ditawarkan lebih beragam yakni common room, discussion room, gym, dan laundry room. Kitchen pack telah disediakan oleh pihak akomodasi.

Untuk rincian harga dan info lebih lengkap, dapat dilihat pada website berikut ini.


4.   Bridge House
Bridge House terletak di Dumbarton Road, berdekatan dengan kafe dan restaurant yang tersebar sepanjang jalan Dumbarton. Akses ke beberapa tempat perbelanjaan dengan berjalan kaki pun dapat dilihat sbb.
-    UOG Main Building        : ± 12 menit
-    Tesco Express         : ± 6 menit
-    Morrisons                : ± 11 menit
-    Lidl                         : ± 11 menit
-    Poundland               : ± 14 menit
-    M&S Simply Food (Byres Road) : ± 6 menit     
-    Kelvinhall Subway Station           : ± 7 menit
-    Bus Stop                 : ± 5 menit





Sumber: freshstudentliving.co.uk

Tipe kamar yang ditawarkan adalah premium en-suite, en-suite, dan studio. Premium en-suite berukuran lebih luas jika dibandingkan en-suite. Setiap kamar sudah tersedia tempat tidur, meja belajar, kursi, heater, dan kamar mandi dalam. Sprei dan peralatan masak perlu dipersiapkan secara pribadi. Fasilitas yang ditawarkan hampir mirip dengan Vita Student yakni common room, discussion room, gym, dan laundry room. Common room yang dilengkapi dengan vending machine terbagi menjadi 2 lantai dan terdapat quiet study space tersendiri.

Untuk rincian harga dan info lebih lengkap, dapat dilihat pada website berikut ini. http://freshstudentliving.co.uk/property/bridge-house/


Wilayah City Centre
1.   Derwen Student – Buchanan View
Buchanan View terletak di Calgary Street dekat dengan City Centre. Berikut rincian jarak tempuh ke beberapa tempat dengan berjalan kaki.
-    Glasgow Caledonian University        : ± 7 menit
-    University of Strathclyde                   : ± 10 menit
-    Chun Ying Supermarket           : ± 3 menit
-    Buchanan Bus Station              : ± 7 menit
-    City Centre                               : ± 12 menit
-    Buchanan Subway Station        : ± 12 menit
-    Glasgow Central Station           : ± 18 menit
Untuk akses ke University of Glasgow, dapat menggunakan Subway atau Bus.

Sumber: Derwentstudents.com 

Sumber: unilodgers.com

Kamar yang ditwarkan berupa en-suite (sharing kitchen) dan studio. Setiap kamar sudah tersedia tempat tidur, meja belajar, kursi, heater, dan kamar mandi dalam. Dapur share dengan 5 sd 6 orang. Sprei dan peralatan dapur perlu dipersiapkan secara pribadi. Terdapat pula common room yang dilengkapi dengan vending machine dan laundry room.

Untuk rincian harga dan info lebih lengkap, dapat dilihat pada website berikut ini.
http://www.derwentstudents.com/our-locations/glasgow/buchanan-view/



Frequently Asked Questions 

Bagaimana cara membayar deposit dari Indonesia?
Pembayaran deposit dari Indonesia dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui transfer kliring bank dan melalui money changer yang terpercaya. Hal yang perlu diperhatikan baik saat transfer melalui bank maupun melalui money changer adalah mencatat detail penerima dana, seperti sort code, account number, bank name, branch name (incl address), dan swift code. Perlu juga membawa dokumen pendukung yang menyatakan bahwa dana sejumlah tersebut benar ditransfer untuk pembayaran accommodation deposit, seperti kontrak tenant dan bukti booking. Pada saat melakukan transaksi, pihak bank dan money changer akan meminta untuk mengisi formulir yang berisi detail bank penerima, jumlah yang ditransfer beserta dengan dokumen pendukungnya.

Apakah pembayaran deposit dari Indonesia akan dikenakan biaya tambahan dan berapa lama waktu dana tersebut diterima?
Biaya dan waktu sampainya dana beragam tergantung dari kebijakan bank atau money changer masing-masing. Jenis bank penerima pun berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya tambahan tersebut. Alangkah lebih baik untuk menanyakan langsung kepada pihak bank atau money changer dan melakukan pengecekan secara berkala. Bagi yang transfer melalui money changer, mintalah bukti terkirimnya dana pada pihak money changer dan kirim bukti tersebut kepada pihak accommodation untuk melakukan double check.

Apakah benar pembayaran private accommodation harus dilakukan seluruhnya di awal periode?
Pembayaran sewa sebenarnya dapat dicicil menjadi beberapa periode. Namun sebagian besar pihak accommodation mensyaratkan adanya UK guarantor. UK guarantor adalah pihak ketiga dengan UK nationality yang dapat menjamin keberlangsungan pembayaran setiap periodenya. Apabila tidak memiliki teman atau kerabat dengan UK nationality, maka biasanya akan diminta untuk membayar secara penuh di awal periode.
Apabila masih mengingingkan opsi cicilan, Housing Hand bisa menjadi pilihannya. Housing Hand adalah pihak ketiga yang berperan sebagai UK guarantor. Namun fee akan dikenakan untuk menggunakan jasa ini. Besarnya fee tergantung dari jenis accommodation yang dituju. Untuk info lebih lengkap dapat diakses pada web berikut https://www.housinghand.co.uk
Pada dasarnya sistem pembayaran ini kembali kepada kebijakan masing-masing accommodation. Untuk itu, mintalah penjelasan secara terperinci terkait hal ini. Bagi kamu yang mendapat beasiswa, jelaskanlah juga kepada pihak accommodation. Terdapat beberapa accommodation yang memiliki sistem pembayaran yang berbeda bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.

Apabila kontrak habis sebelum masa studi apakah bisa diperpanjang?
Kontrak sewa hanya bisa diperpanjang untuk 44 week atau 51 week selanjutnya. Perpanjangan kontrak dalam jangka pendek dimungkinkan namun hanya bisa pada waktu summer (biasanya untuk bulan Juni).


Teks : Glisera Agri Ariyan
Foto : Berbagai Sumber

Humas PPI Greater Glasgow

4 comments:

  1. terimakasih informasinya, adakah informasi akomodasi yang dekat dengan universitas glasgow?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya. Apa ada rekomendasi akomodasi yang paling banyak mahasiswa internasionalnya/Indonesianya? Kalau akomodasi private itu bisa dibilang murah kalau di range harga kisaran berapa ya per week? Oh ya, saya berencana mulai kuliah S2 September nanti di Strathclyde. Apa ada teman-teman yang mampir ke sini juga baru akan berangkat ke Glasgow? salam kenal.

    Ana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Ana . Untuk bisa komunikasi langsung dengan mahasiswa Indonesia di Strathclyde anda bisa kunjungi Facebook page kita di Strathclyde Indonesia Society. Nanti akan ada dari tim Strathclyde yang bisa berkomunikasi langsung dengan anda.

      Terima Kasih.

      Delete
  3. Halo,

    Istri saya dapat penugasan untuk kuliah di University of Glasgow..
    Kami berencana untuk mencari tempat tinggal untuk saya, istri, dan 1 orang bayi.
    Mohon bantuan informasi, kemana kami bisa tanya-tanya?
    Terimakasih banyak

    ReplyDelete