Berburu Bahan Makanan di Glasgow / Inggris


Tips nomor satu untuk berhemat selama kuliah di luar negeri, apapun negaranya, adalah memasak sendiri. Jika ingin sangat hemat, mahasiswa bisa mencoba untuk menjadi warga lokal, yaitu dengan memakan makanan-makanan yang dijual dengan sangat murah disini seperti roti, keju, telur, dan susu. Memasak makanan Indonesia sendiri juga baik untuk berhemat, hanya saja jangan coba-coba membandingkan harga makanan disini dengan di Indonesia karena pasti akan sakit hati sendiri dan tidak jadi makan. Contohnya bird's eye chilies (cabai rawit merah) dihargai £1 untuk sebungkus kecil yang berisi sekitar 20 butir cabai saja, yang artinya sekitar Rp 16.000-17.000. Namun karena saya tidak bisa makan selain dengan makanan Indonesia, saya memutuskan untuk tetap memasak dengan bumbu-bumbu khas Indonesia.



Seluruh foto makanan yang terdapat di artikel ini seluruhnya dimasak dengan bahan makanan dan bumbu yang dibeli di Glasgow. Jadi jika kamu ingin berangkat ke Glasgow atau Inggris, intinya adalah jangan khawatir disini tidak bisa menemukan bahan makanan khas Indonesia, karena faktanya bahan-bahan tersebut bisa ditemukan dengan mudah. Sebaiknya tidak usah memenuhi koper dengan terlalu banyak bumbu instan karena meracik bumbu sendiri pun bisa dan rasanya akan lebih enak.

Salah satu keunggulan bahan masakan yang tersedia disini adalah pengemasan yang ready-to-cook. Misalnya ada chopped garlic, ginger puree, atau peeled potato. yang sudah disimpan rapi dalam jumlah kecil. Seafood seperti udang dan kerang sudah tidak perlu dibersihkan dan direndam jeruk nipis lagi (kalau ingin membeli yang segar bisa ke toko ikan). Ayam dan daging juga sudah dipotong sesuai bagian atau ukuran potogan (diced, minced, steak, dll). Tips penting lainnya adalah selalu melihat reduced items di toko agar mendapatkan potongan hampir setengah harga untuk barang-barang yang udah tidak boleh di-display lagi karena akan kadalauarsa pada hari tersebut atau keesokan harinya.

Sebelum mencari bahan makanan, tentunya kita harus terlebih dahulu mengetahui Bahasa Inggris dari bahan atau bumbu yang kita cari. Berikut adalah daftarnya.


BAHAN MAKANAN SEHARI-HARI
Bahan makanan yang dapat ditemui misalnya beras, bawang, sayur, buah, daging, dan berbagai bumbu dan bahan makanan lainnya. Saus instan seperti curry, tikka masala, dan bolognese juga dapat ditemui dengan mudah di berbagai toko. Penggunaan microwave dan oven juga sudah sangat lazim disini, sehingga banyak sekali makanan instan yang tinggal dihangatkan. Harga makanan jenis ini bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan harga makanan restoran dan rasanya pun variatif sehingga bisa menjadi alternatif ketika sedang malas memasak. Makanan instan yang paling enak dan berkualitas bisa ditemukan di Marks & Spencer. Jarang sekali ada menu makanan yang rasanya tidak memuaskan disana meskipun harganya sedikit lebih tinggi, Morissons dan Aldi adalah toko yang paling murah, sedangkan toko yang kualitasnya paling bagus adalah Marks and Spencer dan Waitrose. Iceland juga termasuk toko yang murah, terutama dengan spesialisasinya untuk menjual frozen food yang jarang ditemui di toko lain.

Aldi
132-140 High Street, G1 1QF

Lidl
285 Duke Street, G1 1HX
2 Hopehill Road, G20 7JN

Morissons
1-2 Merkland Street (Partick), G11 6BZ
900 Crow Road, G13 1JD

Tesco, Mark & Spencer, Iceland
Banyak lokasi, terutama di sekitar Byres Road dan City Center

Waitrose
373 Byres Road G12 8AU


BAHAN MAKANAN KHAS ASIA
Awalnya saya mengira mencari bahan masakah khas Asia, khususnya Indonesia, akan sangat sulit di Glasgow, namun ternyata anggapan saya ini salah. Banyak toko Asia yang menyediakan bahan makanan yang cukup tidak dapat ditemui di toko-toko lainnya seperti tempe, petai, rebung, asam, daun jeruk, dan ikan asin. Ada juga beberapa bumbu instan khas Indonesia seperti bumbu sate, nasi goreng, dan soto serta bumbu instan khas Asia lainnya seperti tomyam dan laksa. Meskipun begitu, hal terpenting dari toko Asia adalah adanya persediaan brand asli Indonesia yang kehadirannya amat disyukuri oleh para pelajar Indonesia disini yaitu Indomie, kecap ABC, dan sambal ekstra pedas ABC.

Chung Ying
254 Dobbie's Loan, G4 0HS

Lims
63 Cambridge Street, G3 6QX

Seewoo
29 Saracen Street, G22 5HT


DAGING HALAL
Harga daging halal memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga daging biasa. Tapi selain untuk alasan yang berkaitan dengan agama, kualitas daging halal lebih baik daripada daging biasa sehingga banyak diminati. Beberapa supermarket memiliki halal section di lokasi tertentu, misalnya Tesco Metro di 236 Sauchiehall Street atau Morissons di 1-2 Merkland Centre (Partick). Namun selain di lokasi yang ditentukan tersebut, daging halal tidak tersedia. Daging halal, baik daging ayam, sapi, atau kambing, juga bisa ditemukan di beberapa butcher berikut. Selain daging halal, tempat-tempat ini juga menjual bahan makanan khas Asia, walaupun tidak selengkap toko Asia yang telah disebutkan sebelumnya.

Halal Butchers
183 Maryhill Road, G20 7XL

Kashmir Stores
469 Eglington Street, G5 9RU

KRK
286 Woodlands Road, G3 6NE



YANG HARUS DIBAWA DARI INDONESIA?
Percaya tidak percaya, tidak usah membawa terlalu banyak makanan ke Glasgow, melainkan cukup membawa sedikit stok untuk beberapa hari pertama saja. Saya sempat membawa banyak bumbu instan, tapi ternyata tidak terpakai karena sudah banyak bumbu yang tersedia di Toko Asia dan akhirnya saya lebih memilih untuk menggunakan bumbu segar. Kalaupun ada bumbu yang tidak ada di toko, kita akan selalu bisa mengandalkan Amazon online untuk memenuhi kebutuhan memasak kita.

Beberapa bumbu yang cukup sulit ditemui di toko adalah terasi, kencur, dan oncom, sehingga cocok untuk dibawa dari Indonesia. Ada baiknya juga untuk membawa bumbu versi bubuk dari Indonesia, seperti kemiri dan jinten, supaya tidak repot. Ditambah lagi, biasanya bumbu asli Indonesia lebih kuat rasanya. Jika khawatir dengan masalah kehalalan suatu produk, rendang kaleng dan abon juga bisa dibawa dari Indonesia.


TIPS UNTUK YANG TIDAK BISA MEMASAK

1. Berusaha beradaptasi dengan tipe makanan bule, yaitu roti dan kue, yang bisa didapatkan di berbagai toko maupun fast food chain seperti Greggs dan Subway.
2. Membeli makanan instan yang tinggal dihangatkan di microwave / oven.
3. Sering-sering datang ke acara yang diselenggarakan PPI atau KIBAR. Bisa dipastikan bahwa di setiap acara akan ada hidangan khas Indonesia.
4. Carilah flatmate atau bertemanlah dengan teman yang jago memasak. Pelajar Indonesia disini sering sekali membuat acara makan-makan bersama untuk sekedar berkumpul, karena makan bersama di restoran terhitung mahal, sekitar £4 - £20. Lebih hemat jika patungan untuk membeli bahan makanan dan memasak bersama.
5. Sebetulnya saat ini memasak itu mudah karena resep sudah tersedia dimana-mana. Apalagi dengan adanya demo masak dan tutorial memasak di Youtube, memasak semakin mudah saja (coba cek KokikuTV, Masak.TV, dan Rasamasa di Youtube). Jadi tidak memasak itu bukan karena tidak bisa kok, tetapi karena malas atau tidak percaya diri.


Teks: Aulia Ardista
Foto: www.independent.co.uk & Aulia Ardista

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment