Mengenal the City of Dundee


Selain Glasgow, terdapat pula kota yang tak kalah menariknya yakni Dundee. Kota dengan nama resmi the City of Dundee ini merupakan kota terbesar keempat di Skotlandia terletak di pesisir pantai timur Skotlandia, United Kingdom dengan jarak tempuh sekitar 1.5 jam menggunakan kereta baik dari Edinburgh maupun Glasgow. Bandara besar tidak ada di Dundee sehingga untuk melakukan perjalanan luar negeri harus menggunakan bandara di kota terdekat yaitu Edinburgh atau Glasgow.

Di Dundee sendiri terdapat dua perguruan tinggi yaitu the University of Dundee dan the Abertay University. Pada tahun 2014 Dundee dinobatkan oleh United Nations sebagai City of Design pertama di UK untuk kontribusinya di beberapa bidang, salah satunya di bidang medical research. Selain bidang riset kedokteran, CEPMLP juga merupakan sekolah unggulan dari the University of Dundee dengan berbagai macam program pilihan yang unik.

Kondisi Cuaca
Sama seperti kota lainnya di Skotlandia, Dundee juga memiliki cuaca yang dingin dengan rata-rata suhu udara 16 derajat celcius dan suhu tertinggi 25 derajat Celsius di musim panas dalam 10 tahun terakhir. Jauh lebih sejuk dari rata-rata suhu kota Indonesia di musim penghujan sekalipun. Walaupun tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kota yang terletak lebih ke utara, cuaca disini didominasi oleh angin kencang sehingga kadang membuat suhu terasa lebih dingin daripada suhu di aplikasi ‘weather‘. Hal itu juga membuat payung gampang rusak lho, tapi jangan khawatir karena hujan di kota ini bisa dibilang hanya ‘gerimis’ jika dibandingkan dengan hujan di Indonesia dan cukup kita antisipasi dengan jaket anti air dan anti angin saja.

Akomodasi
Untuk standar biaya akomodasi di Dundee terhitung terjangkau jika dibandingkan dengan daerah lain di UK. Untuk kisaran harga 300-350 poundsterling kalian sudah bisa mendapatkan studio flat lengkap dengan private bathroom and kitchenFlat tersebut juga umumnya masih berada di daerah yang dekat dengan kampus dan pusat kota sehingga bisa menghemat penggunaan transportasi kamu (bus) karena semuanya termasuk tempat ibadah seperti masjid dan gereja pun masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Beberapa pilihan student accomodation pun tersedia di kota ini, akomodasi tipe ini sangat cocok buat yang memilih kepraktisan di atas segala-galanya, walaupun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan private flat, namun tetap terjangkau dibanding kota-kota lainnya di seantero UK.

Keperluan Sehari-Hari

Keperluan sehari-hari serta makanan halal dan bumbu-bumbu untuk mengobati rasa rindu terhadap tanah air memang tersedia, namun beberapa produk atau brand tidak memiliki cabang di kota ini. Tidak jarang kami terkadang menghabiskan akhir pekan di kota lain untuk memenuhi keperluan yang tidak tersedia (contoh: servis hp atau komputer di apple store) ataupun berwisata untuk mencari tempat hiburan. Namun, sebenarnya hal ini juga menjadi salah satu keunggulan kota yang terkenal dengan Tay Bridge dan Dundee Law Monument ini dimana fokus kita sebagai pelajar lebih terjaga dengan absennya para faktor pendistraksi seperti sarana hiburan Selain itu kesederhanaan yang telah dijelaskan di atas juga membuat kota ini menjadi sangat teratur dan bersih.

Teks: Aditya Mahendra
Editor: Glisera Agri Ariyan
Foto: www.vandadundee.org

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment