Tur Game of Thrones


Popularitas serial televisi Game of Thrones yang ditayangkan oleh HBO turut berdampak pada munculnya screen tourism di kawasan Northern Ireland / Irlandia Utara. Terinspirasi dari kesuksesan pariwisata New Zealand yang mempromosikan negaranya sebagai real life Middle Earth dari trilogi Lord of the Rings, Northern Ireland dipromosikan sebagai real life Westeros. Walaupun produksi Game of Thrones berlokasi di berbagai negara seperti Iceland, Spain, dan Morocco, Northern Ireland tetap menjadi tempat produksi dan pasca produksi utama yang dilakukan di Titanic Studio, Belfast.

Perjalanan dari Glasgow ke Belfast dapat ditempuh dengan pesawat (sekitar 40 menit) dan kereta api (sekitar 5 jam). Saya sendiri merekomendasikan untuk menggunakan pesawat karena harga yang tidak begitu berbeda jauh, sekitar £40 untuk pesawat dan £30 untuk kereta dan waktu yang lebih efisien. Untuk mencari tiket pesawat murah dapat menggunakan bantuan website www.skyscanner.com atau www.cheapflights.co.uk. Direct flight ke Belfast ini baru dibuka setelah melonjaknya turis semenjak penayangan Game of Thrones, karena sebelumnya Northern Ireland adalah wilayah pasca konflik yang identik dengan tingkat keamanan yang kurang.

Tur dapat dilakukan dengan menggunakan jasa guide atau mandiri. Saat ini terdapat beberapa jasa tur, namun yang saya rekomendasikan adalah Game of Thrones Tours. GOT Tours menawarkan 2 paket tur, yaitu Winterfell (bagian selatan Northern Ireland) dan Iron Island (bagian utara Northern Ireland). Tur dilakukan selama satu hari penuh dengan biaya £40, belum termasuk makan siang. Untuk makan siang siapkan budget tambahan sekitar £10 karena guide akan mengajak peserta tur makan di salah satu restoran bertema Game of Thrones. Tur-tur lain yang lebih premium, turut menawarkan aktivitas-aktivitas yang menantang seperti memanah, berkuda, dan berlayar menggunakan dragon boat.


Bagaimana jika belum pernah menonton Game of Thrones? Di luar hal tersebut, pemandangan Northern Ireland sendiri sudah sangat indah sehingga worth it untuk dikunjungi siapapun. Selain itu, sebelum mengunjungi suatu lokasi tour guide akan memutar klip video terkait lokasi scene yang digunakan. Tour guide juga akan membandingkan lokasi dengan gambar-gambar dari potongan adegan. Seluruh tour guide adalah extras yang terlibat secara langsung dalam produksi Game of Thrones. Hal ini yang menjadikan tur lebih menarik karena banyak insider story yang bisa didapatkan oleh peserta tur. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba kostum asli yang digunakan oleh para extras.

Apabila lebih tertarik untuk mengunjugi lokasi secara mandiri, menyewa kendaraan adalah satu-satunya opsi yang memungkinkan karena tidak ada transportasi umum untuk menuju ke beberapa lokasi. Daftar lengkap lokasi syuting Game of Thrones di Northern Ireland sudah tersedia di beberapa website sehingga sangat memudahkan para wisatawan. Selain mengunjungi lokasi syuting, beberapa tempat lain yang saya rekomendasikan adalah Belfast Castle, Titanic Museum, dan Giant Causeway.








Informasi
Game of Thrones Tours www.gameofthronestours.com
Discover Northern Ireland www.discovernorthernireland.com/gameofthrones
Explore Ireland www.ireland.com/en-gb/articles/game-of-thrones-locations

Teks dan Foto: Aulia Ardista
Video: Titanic Belfast

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment