Transportasi Utama di Glasgow

Meskipun kuliah di Glasgow, atau di UK pada umumnya, berarti harus siap berjalan kaki kemana-mana, ada saatnya kita membutuhkan alat transportasi umum dengan alasan efektifitas waktu atau jarak. Berikut adalah beberapa transportasi utama yang bisa ditemukan di Glasgow. Tapi percayalah bahwa semakin lama kamu menetap di Glasgow, jarak 30 menit jalan kaki dari City Center ke kampus University of Glasgow pun tidak akan terasa melelahkan.


SUBWAY


Glasgow Subway
(Sumber: www.fressynet.co.uk)

Subway (www.spt.co.uk) merupakan tranportasi yang paling sering digunakan pelajar Indonesia di Glasgow. Keunggulan subway adalah waktu tunggu dan waktu tempuh yang sangat cepat. Misalnya saja dari Hillhead Station (dekat library University of Glasgow) ke Buchanan Station (City Center) hanya memerlukan waktu 8 menit. Karena itu, waktu menunggu subway datang di sebuah stasiun pun jarang sekali lebih dari 6 menit. Namun kekurangan subway adalah jam operasinya terbatas. Subway hanya beroperasi sampai sekitar pukul 23.00 GMT dan pukul 18.00 GMT setiap hari Minggu. Daerah cakupan subway pun cukup terbatas, jika dibandingkan dengan luas keseluruhan kota Glasgow. Untungnya, kebutuhan untuk pergi ke daerah-daerah tersebut bisa dibilang sangat minim. Untuk menghemat ongkos, pelajar dapat berlangganan Smartcard melalui website atau melalui counter subway di setiap stasiun.

Rute Subway
(Sumber: www.spt.co.uk)


SCOTRAIL / KERETA API


Scotrail
(Sumber: www.bbc.co.uk)

Scotrail (www.scotrail.co,uk) adalah transportasi yang paling sering digunakan ketika akan melakukan perjalanan antar kota atau ke daerah Highland di Skotlandia. Harga Scotrail sangat variatif sehingga lebih dicek secara mandiri melalui website. Biasanya, para pelajar menggunakan 16-25 Railcard untuk mendapatkan potongan harga. Stasiun utama di Glasgow adalah Glasgow Central dan Queen Street, sedangkan stasiun yang paling dekat dengan kampus University of Glasgow adalah Partick.

Rute Scotrail
(Sumber: www.projectmapping.co.uk)


BUS


Bus Dalam Kota
(Sumber: www.wikimedia.com)

Seperti bus pada umumnya, bus di Glasgow dapat dibagi menjadi bus dalam kota (city bus) dan bus antar kota. Biasanya bus dalam kota digunakan ketika subway tidak beroperasi atau untuk mengunjungi wilayah yang tidak terjangkau subway, misalnya Anniesland atau East End. Bus fare bervariasi sesuai banyaknya stops / pemberentian. Penting diketahui juga bahwa membayar bus harus menggunakan uang pas. Siap-siap saja dimarahi supir bus kalau membayar dengan uang kertas dan meminta kembalian.

Selain itu, terdapat juga bus antar kota yang beroperasi ke seluru wilayah Bitania Raya dan Irlandia Utara. Penyedia jasa utama bus antar kota adalah Megabus (www.uk.megabus.com). Bus akan berangkat dari Buchanan Bus Station di City Center. Penting untuk diingat bahwa harga bus akan semakin mahal jika dibeli secara mendadak. Bahkan jika memesan jauh-jauh hari, kita bisa menemukan bus dari Glasgow ke London seharga £1 saja (harga normal sekitar £8 - £20). Ada juga sleeper bus, yaitu bus dengan kasur kecil, yang berangkat di tengah malam sehingga penumpang bisa langsung tidur. Meskipun harganya cukup premium (biasanya dua kali harga bus biasa), harga sleeper bus masih lebih murah dibanding kereta. Penumpang juga mendapatkan selimut, penutup telinga, snack malam, dan snack pagi untuk menjamin kenyamanan penumpang.

Sleeper Bus
(Sumber: www.mirror.co.uk)


UBER / TAKSI


Uber Taxi
(Sumber: www.bbc.co.uk)
Jika sudah terbiasa menggunakan pre-paid taxi di Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan sistem yang digunakan oleh Uber. Pembayaran Uber tidak dilakukan secara cash, melainkan terkoneksi dengan kartu kredit (termasuk kartu Indonesia) atau kartu debit. Uber adalah pilihan terbaik ketika melakukan perjalanan bersama teman-teman, sehingga ongkos bisa dibagi dan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Namun menggunakan Uber juga harus hati-hati karena ada beberapa peak hour, misalnya Jumat malam, yang menyebabkan harga naik berkali-kali lipat. Selain Uber, ada pula beberapa jenis taksi lainnya seperti Glasgow Taxi dan Hampden Cabs. Taksi-taksi ini cenderung kurang diminati karena harga Uber lebih murah dan ada tantangan tersendiri dalam memahami logat Glaswegian operator, mengingat pemesanan harus dilakukan via telepon.


Teks: Aulia Ardista
Foto: Berbagai sumber

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment