8 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Tiba di Glasgow


Mengambil BRP
Bio Residence Permit (BRP) dapat diambil di tempat yang telah disepakati saat pembuatan Visa. Biasanya pengambilan dilakukan di universitas atau kantor pos terdekat dari universitas. Saat mengambil BRP siapkan saja paspor dan dokumen-dokumen pembuatan paspor. Setelah memiliki BRP, kartu ini yang harus selalu dibawa setiap bepergian, sementara paspor sebaiknya ditinggal saja agar tidak hilang.

Registrasi Kampus
Registrasi di kampus membutuhkan BRP, sehingga apabila lokasi pengambilan BRP bukan di kampus, BRP harus diambil terlebih dahulu. Registrasi membutuhkan dokumen-dokumen lainnya seperti Visa dan Unconditional Offer. Setelah registrasi, mahasiswa akan mendapatkan student id dan welcoming pack lainnya.

Fiksasi Tempat Tinggal
Tempat tinggal adalah hal krusial yang harus diutamakan saat tiba di Glasgow. Info lebih lengkap mengenai proses pencarian tempat tinggal dapat dilihat disini (sedang dalam proses).

Membuka Rekening Bank
Membuka rekening bank dapat dilakukan setelah mendapat tempat tinggal karena membutuhkan alamat. Bank di UK tidak seperti bank di Indonesia yang menggunakan sistem nomor antrian. Sebelumnya nasabah harus membuat appointment dengan pihak bank, baik secara langsung (datang ke bank) atau melalui telepon. Untuk membuka rekening membutuhkan Bank Letter atau surat pengantar dari kampus yang isinya menjelaskan bahwa kita berstatus mahasiswa. Untuk mendapatkan Bank Letter cukup mengunduh dari website pendaftaran saja. Contohnya bagi mahasiswa University of Glasgow bisa membuka Student Center >  My Academics > Bank and Certifying Letters. Beberapa bank yang sering digunakan adalah: TSB Bank, Royal Bank of Scotland (RBS), dan Clydesdale Bank. Bank-bank ini dapat ditemukan di sepanjang Byres Road dan Sauchiehall Street.

Mengurus Tax Council
Jika memutuskan untuk menyewa private flat, maka pelajar harus melapor kepada Tax Council untuk mendapatkan tax exemption selama masa studi (masa tunggu wisuda tidak dihitung). Pelapor cukup mengisi data diri secara lengkap di website www.glasgow.gov.uk/index.aspx?articleid=18905 kemudian meminta universitas untuk mengirimkan data diri kepada Tax Council secara online.

Mendaftar NHS
Sesuai asuransi yang dibayarkan saat membuat VISA, pelajar berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis (kecuali perawatan gigi dan mata) oleh general practitioner (GP) / dokter umum dari National Health Insurance (NHS), yang mencakup biaya periksa dan obat-obatan. NHS tersedia di setiap kampus, namun apabila lokasi flat jauh dari kampus, disarankan untuk mendaftar di lokasi NHS terdekat.

Mendaftar Kartu Transportasi
Tranportasi utama yang sering digunakan adalah subway dan kereta api / Scotrail. Pendaftaran Smartcard untuk subway dapat dilakukan di www.mybramble.co.uk/RetailWeb/Register.action sementara pendaftaran railcard melalui www.16-25railcard.co.uk. Harga 16-25 Railcard memang cukup mahal tapi harga tersebut sudah setara dengan diskon 1 kali perjalanan, sehingga akan sangat menguntungkan untuk perjalanan berikutnya.

Perbandingan Harga Subway
Tanpa Kartu
Single: £1.60
Return: £3.00
All Day: £4.00
Dengan Kartu
Single: £1.40
Return: £2.70
All Day: Gratis setelah return journey

Lapor Diri
Lapor diri tidak harus dilakukan segera setelah tiba di Glasgow, namun lapor diri sangat krusial dilakukan sebelum masa studi berakhir. Lapor diri adalah salah satu kewajiban pelajar yang menimba ilmu di Britania Raya sekaligus mempermudah pemerintah untuk memberi perlindungan kepada warga negaranya yang sedang berada di negara asing. Formulir lapor diri dapat diisi secara online melalui website www.kbrilondon.org.uk/index.php/lapor namun proses verifikasinya membutuhkan kedatangan fisik di KBRI London. Meskipun begitu, verifikasi bisa diwakilkan dengan menitipkan paspor dan formulir yang telah ditandatangani, misalnya kepada pengurus PPI. Lapor diri juga dapat dilakukan saat KBRI melakukan kunjungan ke berbagai kota, misalnya Glasgow atau Edinburgh.

Teks dan Foto: Aulia Ardista

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment