Membedah Biaya Hidup di Glasgow

Sumber : peoplemakeglasgow.com

Seperti halnya di Indonesia dan negara lain, biaya hidup di UK sangat bervariasi, termasuk di Glasgow. Faktor yang mendorong perbedaan ini tergantung pada banyak hal seperti lokasi tempat tinggal, membawa keluarga atau single, student accommodation atau private flat dan lain-lain.

Komponen biaya hidup untuk satu orang mahasiswa tanpa membawa serta keluarga seperti dirilis oleh prospectus university of Glasgow edisi 2016 dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Secara garis besar selama studi 1 tahun di Glasgow dibutuhkan biaya hidup sebesar £12,000 untuk single dan minimum £18,000 untuk pasangan menikah serta tambahan sekitar £300 per anak.

Estimasi Pengeluaran per Bulan
Pengeluaran
Biaya (dalam £ )
Akomodasi
470
Makanan
180
Pakaian
70
Travel di Glasgow
40
Laundry/Stationery etc
30
Telephone/Internet
40
Entertainment
120
Total
950
Sumber : University of Glasgow Prospectus for Postgraduate 2016


Estimasi Pengeluaran Tambahan per Tahun
Pengeluaran
Biaya (dalam £ )
Buku
400
UK Travel
300
Total
700
Sumber : University of Glasgow Prospectus for Postgraduate 2016

Berbagai referensi dapat diakses untuk medapatkan gambaran kasar mengenai biaya hidup dan tips hemat selama kuliah di Glasgow.

Lalu apa saja bills yang kira-kira perlu dibayar selama tinggal di Glasgow?

Telepon, Gas, Listrik, dan Air
Terdapat beberapa bills yang perlu dibayarkan apabila tinggal di private flat. Bills tersebut antara lain adalah telepon seluler, gas, listrik, air dan internet. Jumlah dari tagihan ini berbagai macam tergantung dari pemakaian. Biasanya bill telephone dan internet adalah biaya yang sudah fix dan tidak berubah. Misalnya telephone fix £15 per bulan dan internet £20 per bulan dan dikontrak selama 1 tahun selama kita tinggal di Glasgow. Untuk tagihan lainnya seperti gas, listrik dan air ini yang tergantung dari penggunaannya. Gas dan listrik biasanya akan menjadi lebih mahal pada saat winter season dikarenakan pemakaiannya akan lebih banyak dengan penggunaan penghangat ruangan yang bertenaga gas atau listrik. Rata – rate per bulan untuk winter season bisa mencapai £50 - £100 per bulannya. Tapi jangan khawatir, bill ini akan turun dengan sendirinya di saat spring dan summer.

Council Tax
Council tax adalah pajak yang dibayarkan oleh penyewa flat. Council office akan memungut pajak ini per bulan selama durasi penyewaan flat yang ditandatangani oleh penyewa dan pemilik property. Besaran pajaknya tergantung dari band pajak yang telag ditetapkan oleh council office. Band nya dari A – H. Sebagai pelajar, kita tidak perlu khawatir dengan adanya council tax ini. Kita mendapatkan council tax exemption dari pemerintah tetapi kita harus mengurusnya ke council office. Caranya dengan meminta surat dari kampus yang menyatakan kita adalah pelajar dan council tax exemption kemudian membuat janji secara online dengan council office melalui websitenya. Setelah semua diurus, kita akan mendapatkan surat dari council office bahwa kita tidak perlu membayar council tax.

Internet dan TV
Sebagai pelajar, TV merupakan barang yang cukup mewah untuk dimiliki. Secara default, flat yang akan kita sewa tidak akan menyediakan TV, kita harus membelinya sendiri melalui toko elektronik yang ada di dekat tempat tinggal atau melalui situs online. Tidak seperti di Indonesia, apabila kita mau menikmati layanan TV walaupun dengan menggunakan pemancar yang ada didalam rumah, kita tetap harus membayar TV license yang dapat dibayar.

Informasi mengenai TV license ada pada link ini :

Apabila kamu menikmati siaran televise di Inggris dan tidak membayar TV license, maka kamu akan dikenakan denda paling banyak £ 200. Apabila kamu memiliki televise dan tidak menikmati siaran televise Inggris dan mendapatkan surat dari TV license, jangan khawatir. Langsung saja laporkan melalui website yang ada diatas bahwa kamu tidak menikmati siaran televise dan tidak akan dikirimkan surat lagi dari badan tersebut.

Internet adalah suatu hal yang paling lumrah dan penting untuk dimiliki di flat. Untuk itu, setelah kamu mendapatkan flat yang diinginkan kamu bisa mendaftarkan flat kamu untuk memiliki layanan internet. Provider internet di Glasgow amat beragam mulai dari British Telecom (BT), Virgin media sampai Sky. Tinggal dipilih mana paket yang paling cocok kira – kira untuk dinikmati dirumah dan semua tergantung dari harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet tersebut.


Teks   : Pengurus PPI Greater Glasgow 2015/2016

Editor : Glisera Agri Ariyan
Foto   : peoplemakeglasgow.com 


Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment