Cumbrae Island




Kangen dengan suasana pantai? Di wilayah Glasgow (baca: kampus doang), merasakan suasana pantai adalah hal yang sangat mustahil. Akan tetapi, ada satu tempat yang menawarkan suasana pantai yang dipadukan dengan kombinasi perumahan klasik dan ombak yang saling berkejaran.

Adalah Cumbrae Island / Great Cumbrae, tempat untuk melarikan diri dari penatnya tugas kuliah yang tidak terlalu jauh dari kota (baca: Desa) Glasgow. Cumbrae (Gaelic: Cumaradh Mòr) adalah salah satu pulau yang termasuk dalam Firth of Clyde dan berada di area North Ayrshire. Pulau ini berada di bagian kiri Skotlandia.

Transportasi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kereta/ scotrail menuju Largs (£ 9.10, 59 menit, return offpeak) menyebrang menggunakan Ferry (£ 3.20, 15 menit, return)  Pada saat sampai di Cumbrae Island menggunakan transportasi bus (£3.20, tiap 10 menit dan 40 menit, return)  hingga sampai ke pusat kota. Harga yang dikeluarkan lumayan merogoh kocek akan tetapi selama perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.



Point of interest yang ditawarkan oleh tempat ini cukup banyak, antara lain: Cathedral of the isles – William Butterfield, Crocodile Rocks, College of the Holy Spirit, the Wedge, Museum of the Cumbrae, dan Marine Biology Station. Sebaiknya, pengunjung membawa sepeda sendiri untuk menghemat biaya mengeliling pulau ini. Meskipun begitu, ada juga tempat penyewaan sepeda di pusat kota pada pulau ini. Saya pribadi memilih untuk berjalan menikmati kota yang unik dan khas ini sehingga bisa memaksimalkan cara menikmati kota ini dibanding dengan menggunakan alat transportasi. Summer dan spring adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini. Foto-foto pada artikel ini diambil pada saat awal autumn.



Untuk yang menyukai hewan terutama jenis burung laut, maka Cumbrae Island termasuk salah satu lokasi yang harus dikunjungi karena di pulau ini  terdapat berbagai jenis burung laut yang dapat ditemukan dengan mudah, seperti jenis fulmars, cormorants, oystercatcher, sea eagle hingga golden eagle. Karena tidak  mempunya lensa yang sesuai, maka hanya ada satu hewan yang bisa tertangkap di lensa saya.



Setelah puas menikmati pulau Cumbrae, diwajibkan untuk mencicipi es krim di Nardini Café (harga variatif, mulai dari £1,50 untuk single scoop) dan duduk-duduk cantik di depan pantai ditemani oleh angin pantai yang menyejukkan (baca: membunuh karena dingin) dan musik dari mini theme park yang terletak di depan pantai. It will be fun and amazing journey for you!



*Special credit to Andi Rafdi yang telah menunjukkan tempat ini, dan tim eksplor yang setia menemani dalam segala rintangan: Erie, Martha, Mimi, Intan; featuring Icha, Lala, Anif, Sani, dan Regis.

Teks: Zulfikar Basrul
Foto: Zulfikar Basrul & Erie Febriyanto

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment