Catatan Pesepeda di Glasgow: Misteri Milenium Milepost!

“Orang-orang Inggris ini memang ada-ada saja!” Hal itu sering saya ucapkan di dalam hati setiap melihat tanda/rambu untuk pesepeda di jalanan kota Glasgow. Ya, para penggemar petualangan yang mendambakan kejutan-kejutan di setiap perjalanannya bakal tergeleng-geleng dengan ulah keturunan para pelaut tangguh di abad ke-17 ini. Betapa tidak, apabila dibandingkan dengan di Indonesia – seperti kota Yogyakarta dimana penikmat sepeda terbiasa berlenggak-lenggok dengan santainya di jalan raya berbarengan dengan delman, mobil, motor dan becak – disini para biker/cyclist diberi privilege yang lebih istimewa. Misalnya, pemerintah menyediakan jalur khusus lengkap dengan rambu-rambu lalu lintas tersendiri. Bahkan di beberapa lokasi terdapat jalan yang hanya boleh dilalui sepeda (biasanya di kawasan yang tidak ramai).

Jalur-jalur tersebut membentang dari Utara-Selatan dan Barat-Timur di seluruh kawasan United Kingdom (UK) sejauh 14,000 mil  atau 22,530.82 km. Jalur tersebut pada awalnya dibuat di kota Bristol pada tahun 1977 oleh Sustrans, sebuah grup pencinta olahraga bersepeda dan lingkungan. Selanjutnya, jalur-jalur yang dibuat terus berkembang ke seluruh UK, terutama setelah Sustrans mendapat dana sebesar £42.5 million dari Millenium Commission pada tahun 1995. Jalur-jalur untuk wilayah Skotlandia antara lain adalah nomor 1, 7, 73, 74, 75, 76, 77, 78, 753, 754, 756, 766, 767, 775, dan 777. Sedangkan nomor jalur yang paling sering ditemukan di kawasan Glasgow adalah nomor 7, 75, 754, dan 756.

Salah satu rambu untuk pesepeda di kota Glasgow
(Sumber: dokumen pribadi)

Jalur hanya untuk sepeda setelah Tradeston Bridge, Glasgow
(Sumber: dokumen pribadi)

Penulis tidak mempunyai referensi apabila ada yang menanyakan, “Bagaimana dengan jalur sepeda di Belanda? Bukankah lebih tertata?” Namun berdasarkan info dari internet, bisa disimpulkan bahwa jalur untuk sepeda di Belanda lebih besar dan pengguna sepedanya pun seperti laron sehabis hujan di sore hari, ribuan dan njelimet dengan berbagai jenis sepedanya. Nanti kalau ada kesempatan kesana bolehlah dibandingkan. Untuk sementara, ini saya comot salah satu gambar yang saya temukan. Bagaimana? Njelimet kan? Mau parkir pun bingung karena semua sepedanya mirip.

Parkiran sepeda di Belanda
(Sumber: www.dutchbikeguy.wordpress.com)

Kembali ke Glasgow, kota ini merupakan kota terbesar dan teramai di Skolandia. Skotlandia adalah salah satu dari 4 negara dari United Kingdom (UK) atau Inggris Raya yang memiliki pemerintahan sendiri seperti perdana menteri dan menteri-menteri lain sebagai pembantu untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Ibukota Skotlandia sendiri, yaitu Edinburgh, lebih kecil dan tidak terlalu ramai seperti di Glasgow.

UK sendiri merupakan salah satu negara utama yang mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Hal ini terlihat antara lain dari dukungan mereka pada Konvensi Internasional tentang Lingkungan, khususnya Perubahan Iklim, salah satunya yaitu United Nations Climate Change Conference (Copenhagen Summit) pada tahun 2009 di Copenhagen, Denmark. Ditambah lagi, jauh sebelumnya pada tahun 2000, British Government sudah membuat Climate Change Programme atas respons terhadap ‘Rio Declaration’ pada tahun 1992 yang menandai komitmen seluruh negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa untuk peduli terhadap lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Nah, berhubungan dengan jalur sepeda, 4 negara bagiannya, dan komitmen mereka terhadap pembangunan berkelanjutan, maka pada tahun 2000 di seluruh UK telah dibuat 1.000 milepost. Milepost adalah semacam tugu peringatan yang dibuat oleh 4 seniman dari masing-masing negara bagian di UK sebagai penanda hari lahir National Cycle Network (NCN) yang ke-5 pada pergantian tahun milenium. Desain pertama dibuat oleh seniman dari Brighton bernama Jon Mills berjudul ‘The Fossil Tree’. Desain kedua oleh pematung dari Skotlandia bernama Iain McColl berjudul ‘The Cockerel’. Desain ketiga oleh seniman dari Wales bernama Andrew Rowe bertemakan navigasi dan sejarah industri. Desain keempat oleh seniman dari Belfast bernama David Dudgeon berjudul ‘Tracks’.

Empat desain milepost
(Sumber: www.sustrans.org.uk)

Bagus bukan bentuknya? Uniknya keempat milepost tersebut baru dicat pada tahun 2015 lalu saat peringatan 20 tahun hari jadi National Cycle Network. Jadi sebelumnya selama 15 tahun milepost ini masih berwarna abu-abu semen saja. Perbandingan warnanya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Milepost di Stasiun subway Cowcaddens
(Sumber: www.sustrans.org.uk)

Di kota Glasgow, penulis dapat menemukan salah satu tipe milepost di depan stasiun subway Cowcaddens seperti yang bisa dilihat pada foto di atas dan satu tipe milepost lainnya di kawasan The Scottish Exhibition and Conference Centre (SECC) dan The SSE Hydro (sponsor utamanya Scottish and Southern Energy, jadinya dinamakan seperti itu) yang bisa dilihat pada gambar di bawah. Nah sekarang sudah bisa kan membedakan mana yang desain ‘Mills’ dan mana yang ‘Rowe’ dari kedua contoh milepost tersebut?

Milenium milepost di kawasan SECC-The SSE Hydro
(Sumber: dokumen pribadi)

Terkait 4 desain milepost karya tersebut, saya mendapatkan info yang cukup membuat penasaran dari Sustrans (pelopor pembuatan milepost), yaitu kita dapat menemukan ukiran berbentuk lingkaran dari besi yang ternyata berisi petunjuk tentang ‘perjalanan waktu’. Jadi apabila kita meletakkan kertas diatas bulatan besi tersebut dan kemudian kita tera dengan menggunakan pensil atau krayon, maka akan ada petunjuk berupa gambar atau tulisan (tera adalah teknik menghitamkan uang logam diatas kertas sehingga muncul gambar yang sering dilakukan saat SD dulu).  Apabila kita rangkai gambar ini dengan beberapa gambar dari milepost yang lain, kita dapat menemukan berbagai desain dengan tema-tema tertentu yang disebut ‘Time Trail’ dengan total 5 seri (The Seasons, The Continents, The Ages of Man, The Sign of the Zodiac dan The Centuries) dimana masing-masingnya terdiri dari 50 desain yang berbeda!

Jadi mulai saat ini jika berkunjung ke UK, terutama wilayah Greater Glasgow (Dundee, St. Andrews, Stirling, dan Dumfries) dan kemudian melihat milenium milepost ini, jangan lupa untuk segera difoto karena di beberapa lokasi ada yang sudah dipindah dan belum terdata. Siapa tau Anda jadi penemu pertamanya dan berhasil memecahkan misterinya! Selain itu milepost ini hanya terdapat sejumlah 175 buah yang tersebar di seluruh Skotlandia. Jangan heran juga kalau nanti melihat orang yang berdiri dan menggosok-gosok batu atau celingukan nggak jelas, dan mungkin salah satunya adalah kamu!

Teks: Oga Tsubasa (aka Ridwan Yudhaprayoga)
Foto: Berbagai sumber

Riwayat Penulis:
1. Student at University of Strathclyde in MSc in Sustainability and Environmental Studies.
2. Pemula dalam bersepeda, lebih sering jalan kaki.
3. Kadang-kadang bersepeda ke kampus kalau suhu nggak dingin (>5 C) .
4. Pada saat tulisan ini dibuat baru bersepeda paling jauh ke Rowan Road (daerah Bellahouston) dari daerah West End (Woodlands Drive). Rencana ingin bersepeda sampai ke Loch Lomond Aquarium dan mencoba Millenium Link (menyusuri kanal yang menghubungkan Forth & Clyde dan Union Canal serta melewati Falkirk Wheel sampai ke Edinburgh).

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment