3 Budaya Unik Skotlandia


Pakaian Tradisional Kilt


Sumber : caledoniaskotiakilts.com

Siapa yang tak mengenal kain bercorakkan motif kotak-kotak atau biasa disebut motif tartan. Ya, motif yang identik dengan Skotlandia ini merupakan bagian dari pakaian tradisional Skotlandia yang disebut Kilt. Kilt merupakan kain yang bermotifkan tartan dan dikenakan mengelilingi pinggang dengan panjang sampai di atas lutut. Kilt pada umumnya dipakai oleh pria dengan memakai jaket, tali pinggang, sporran (sejenis kantong) dan  dikenakan pada acara-acara tertentu. Uniknya setiap motif tartan ini memiliki makna masing-masing sesuai dengan klan dan regionnya. Contohnya saja tartan klan Davidson memiliki motif kotak dengan latar berwarna hijau dan motif garis biru, hitam, dan merah. Dengan begitu banyaknya corak dan motif, bisa dibayangkan betapa banyaknya klan-klan yang ada di Skotlandia.


Alat musik Bagpipe


Sumber : communitytable.parade.com
Musik khas Skotlandia juga tak kalah uniknya. Dengan suara nyaring, melengking, dan meliuk-liuk membuat setiap pendengarnya tahu bahwa musik ini tak lain dan tak bukan berasal dari Skotlandia. Latar musik film Disney Brave sebagai contohnya. Suara yang khas ini berasal dari alat musik  tiup tradisional bernama Great Highland Bagpipe atau Bagpipe. Berbeda dengan suling, Bagpipe memiliki lima lubang udara dan sebuah kantong melodi atau disebut chanter. Pada umumnya warga Skotlandia memainkan Bagpipe dengan memakai satu set baju tradisionalnya.


Tarian Tradisional Ceilidh Dance


Sumber: christophermoran.org
Di dalam tradisi musik dan tari, bagpipes dan ceilidhs tak bisa dipisahkan satu sama lain. Hampir di setiap perayaan lokal, keduanya mengisi dan menghiasi keramaian acara. Ceilidh Dance merupakan tarian tradisional Skotlandia yang diiringi dengan musik yang ceria dengan ritme menghentak. Gerakan tarian ini didominasi oleh gerakan saling berputar dengan hentakan kaki mengikuti irama. Tarian ini umumnya dilakukan secara berkelompok.



Teks: Pengurus PPI Greater Glasgow 2015/2016

Foto: Berbagai Sumber




Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment