Indonesian Cultural Day 2016


Jangan lewatkan Indonesian Cultural Day 2016 – sebuah persembahan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Glasgow. ICD 2016 berlangsung pada hari Minggu 4 Juni 2016 di The Union, Strathclyde University, Glasgow.

Apa saja yang akan Anda temui di ICD 2016?

1. Pertunjukan musik dan tarian tradisional


Beragam tarian dan musik khas tanah air dapat ditemui di ICD 2016. Mulai dari penampilan Keroncong akustik, permainan Angklung yang diaransemen oleh Wilson Chu, mahasiswa sekolah musik bergengsi The Royal Conservatoire of Scotland. Sesi penampilan musik dimeriahkan pula oleh penampilan grup gamelan asli Glasgow dengan para performer mancanegara  yang menetap di Glasgow yang menamakan grup mereka “Gamelan Naga Mas”.

2. “Tales from Thousand Islands”
Sesi dongeng atau storytelling ini adalah ajang tutur cerita rakyat dan dongeng dari Indonesia dengan target audiens anak – anak. Kekayaan budaya Indonesia akan diekspos lewat dongeng yang dibawakan oleh Herdiana Hakim, seorang professional storyteller sekaligus mahasiswa Children Literatures and Literacies di University of Glasgow.

3. Screening Film


Poster-Film-01Sederet film akan ditayangkan dalam sesi ini – semuanya bercerita mengenai kekayaan budaya dan alam Indonesia – antara lain: Epic Java (2013); Montage of Edelweiss (2016); serta Indonesia Kirana (2016), film dokumenter inspiratif karya anak bangsa  yang mengisahkan  perjalanan paduan suara PSM Unpad dalam upaya mereka  mengharumkan nama Indonesia ke berbagai kompetisi tingkat dunia.

4. Arena Main Board Game
Pengunjung anak – anak maupun dewasa akan diajak bersama untuk bermain Board Game produksi Indonesia. Jenis permainan yang naik daun kembali beberapa tahun terakhir ini punya ribuan judul dan tema. Nah, di ICD 2016, Board Game yang diperkenalkan semuanya bertemakan budaya khas yang bisa ditemui di Indonesia. Tengok saja ada Board Game berjudul “Perjuangan Jomblo”, “Waroong Mas”, “Mat Goceng”, hingga “Pagelaran Yogyakarta”. PPI Greater Glasgow bekerja sama dengan Manikmaya Games untuk menghadirkan Board Game bertema Indonesia. Pengunjung akan diajak mengenal lebih dekat budaya Indonesia sembari bermain board game.

5. Makanan Indonesia


ICD 2016 menyuguhkan beberapa sajian khas Indonesia yang biasa ditemui di pasar tradisional maupun di dapur keluarga Indonesia. Salah satu menu andalan dalam ICD kali ini adalah rendang yang diakui oleh CNN Travel sebagai makanan terenak no.1 di dunia. Pengunjung akan diajak merasakan nikmatnya makanan Indonesia dalam rangkaian makanan yang kaya akan cita rasa.

6. Pameran Fotografi “Faces of Indonesia”
Pameran  fotografi ini menampilkan karya – karya pilihan dari Kristupa Saragih, fotografer kawakan dari fotografer.net. Karya Kristupa yang dipamerkan ini adalah hasil pengelanaannya ke hutan – hutan, pedalaman, serta kota-kota di Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi untuk mengabadikan wajah Indonesia.

JADWAL ACARA
PHOTO EXHIBITION (Foyer, Ground Level)
MOVIE SCREENING (Debate Chamber, Level 4)
13.00: Montage of Edelweiss
14.30: Indonesia Kirana
18.00: Epic Java

TALES FROM THOUSAND ISLANDS (The Lounge, Level 5)
13.00 – 14.00

BOARD GAME ARENA (The Lounge, Level 5)
14.30 – 19.00

MAIN PERFORMANCES (Vertigo, Level 8)
16.00 – 17.30 Performance Bagian Pertama
19.00 – 20.30 Performance Bagian Kedua

INDONESIAN FOOD (The Scene, Level 6)
Makanan akan dihidangkan mulai pukul 17.00 – 19.30.

Humas PPI Greater Glasgow

No comments:

Post a Comment